HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI AKADEMIK TERHADAP BURNOUT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mukhlis, Khaffidz Miftakhul and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and KRISPHIANTI, YUANITA DWI (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI AKADEMIK TERHADAP BURNOUT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_18101010011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (578kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010011_0702068903_0708068904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan terhadap peserta didik kelas X di SMKN 2 Kediri adanya fenomena yang terjadi pada pesertadidik SMKN 2 kediri yakni motivasi belajar yang rendah, efikasi akademik yang rendah, dan adanya burnout saat belajar. Hal ini menjadi penyebab munculnya perilaku membolos sekolah, tidak mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, tidak mengerjakan tugas-tugas, menyontek pada saat pengerjaan soal dan mengalami kelelahan fisik. Tujuan penelitian ini iyalah ada hubungan antara motivasi belajar dan efikasi akademik terhadap burnout belajar pada siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan tehnik pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan seluruh kelas X SMKN 1 kediri, sample yang digunakan kelas X BPF 1` dan AKL 2 SMKN 2 kediri, yang berjumlah 70 siwa. Alat ukur pengambilan data menggunakan skala motivasi belajar, sekala efikasi akademik, dan sekala burnout belajar. Penguji data menggunakan SPSS 23.0 Hasil hipotesis f hitung > f tabel yaitu 6,731 > 1,994 dan sig 0,000 < 0,05 hal ini memiliki arti hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, variabel motivasi belajar, efikasi akademik, secara simultan berhubungan positif dan signifikan terhadap variabel burnout belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifika secara silmutan antara motivasi belajar dan efikasi akademik terhadap burnout belajar. Hal ini di buktikan dengan Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) siswa diharapkan mampu meningkatkan kemandirian belajar, dalam hal ini siswa dapat menumbuhkan motivasi belajarnya dan menumbuhkan efikasi akademik dengan cara mencari soal-soal baru serta belajar mandiri sehingga diharapkan dapat membantu dalam mengukur kemampuan dirinya. (2) Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih memantapkan hasil penelitian ini, perlu dilakukan penelitian yang sejenis dengan populasi yang lebih luas dan melibatkan faktor�faktor lain yang diduga mempengarungaruhi motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, efikasi akademik, burnout belajar
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Khaffidz Miftakhul Mukhlis
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:45
Last Modified: 17 Feb 2023 05:45
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9118

Actions (login required)

View Item View Item