Pengaruh Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021

Anggraini, Among Karlina Ayu and SUJARWOKO, SUJARWOKO and AGAN, SUBARDI (2021) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. In: Prosiding SEMDIKJAR 4 Seminar Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, pp. 319-326.

[img] Text
Pengaruh Media Audio Visual terh.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Hasil Uji Plagiasi Turnitin)
PENGAR~2.PDF

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan menulis sebagai keterampilan yang produktif dan ekspresif dianggap sebagai keterampilan yang membutuhkan perhatian lebih daripada keterampilan lainnya. Kurangnya pengetahuan tentang menulis siswa mengakibatkan siswa kurang terampil dalam menulis dan malas menuangkan gagasan mereka ke dalam sebuah tulisan. Di masa pandemi covid-19 saat ini, usaha yang bisa dilakukan untuk mengurangi hambatan tersebut dengan menerapkan media pembelajaran saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Media audio visual dinilai dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karena terdapat suara dan gambar yang dapat dilihat siswa sehingga materi yang disampaikan akan lebih cepat diterima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks anekdot. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al Huda Kediri. Teknik analisis data yang dipakai adalah statistik inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapat perlakuan media audio visual berupa video stand up comedy mengalami peningkatan nilai tes. Artinya, media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini didasari penghitungan t-tes dan t hitung adalah hasil thitung > ttabel yaitu 8,487 > 1,671 pada taraf 5% (0,05) sehingga signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru bahasa Indonesia dapat memanfaatkan media pembelajaran terlebih di masa pandemi saat ini dan lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Menentukan media yang tepat tentu dapat memberikan dampak positif meningkatkan antusiasme siswa dan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah media audio visual yang dinilai tepat dengan materi pelajaran, yaitu menulis teks anekdot.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sujarwoko Sujarwoko
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:30
Last Modified: 01 Feb 2023 07:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item