Implementasi Asesmen Otentik dengan Metode Diskusi Socratic

SUJARWOKO, SUJARWOKO (2020) Implementasi Asesmen Otentik dengan Metode Diskusi Socratic. In: UNSPECIFIED UNSPECIFIED.

[img] Text
Sampul, Editor, Daftar Isi, dan Artikel.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Hasil Uji Plagiasi Turnitin)
Implementasi Asesmen Otentik dengan Metode Diskusi Socratic.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah selama ini lebih banyak mengukur ranah kognisi. Idealnya pengukuran dilakukan dengan menyeimbangkan ranah kognisi, afeksi, dan psikomotor. Dalam hal tersebut, pemilihan metode pembelajaran sangat mendesak untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi sokratik sangat relevan untuk mengukur keseimbangan ketiga ranah tersebut. Diskusi sokratik merupakan metode tanya jawab antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan dirinya sendiri. Metode ini dipandang sebagai penilaian otentik mengingat tingkat pertanyaan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dalam aktivitas keseharian, yang sering dialami siswa. Dengan begitu, metode diskusi sokratik di samping dapat mengukur tingkat kemampuan siswa juga sekaligus dapat membangkitkan minat pembelajaran secara mandiri dan kelompok serta siswa lebih percaya diri karena setiap jawaban akan mendapatkan penghargaan dan nilai serta tidak ada satu jawaban pun yang disalahkan.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sujarwoko Sujarwoko
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:11
Last Modified: 01 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item