PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS X-A SMK PGRI 4 KEDIRI

Paulus Parco Rao, 17.1.01.03.0010 and NURSALIM, NURSALIM and SURATMAN, SURATMAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS X-A SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

[img] Text
Skripsi Parco.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Paulus Parco Rao: Pengaruh Model Pembelajaran Krathwohl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama Siswa Kelas V SDN 4 Tiudan Tulungagung Tahun Ajaran 2018 / 2019, Program Studi S-1 PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2019. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil penelitian peneliti dilapangan bahwa masih banyak ditemukan pendidik yang belum mampu bereksperimen dengan banyaknya model pembelajaran yang ada sehingga pembelajaran saat ini terlihat monoton dan terkadang outputnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, model yang digunakan oleh pendidik kurang meransang daya pikir siswa sehingga materi yang disampaikan tidak terserap dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap sikap nasionalisme siswa kelas X-A SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Corelation Product Moment menggunakan bantuan program SPSS 16.0.Populasi pada penelitian ini adalah populasi finit karena populasi yang sudah diketahui jumlahnya yaitu siswa angkatan kelas X SMK PGRI 4 Kediri yang berjumlah total 231 siswa,dengan sampel seluruh siswa kelas X-A SMK PGRI 4.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan purposive random sampling atau penentuan sampel secara acak.Dan data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai = 30,101 dan ttabel dengan df= n-1= 47 berarti thitung > ttabel, 30,101 > 1,678 maka H0 ditolak dan Ha. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem based learning terhadap sikap nasionalisme siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kediri Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem based learning terhadap sikap nasionalisme siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Disarankan metode pembelajaran problem based learning dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran bagi guru untuk dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa. Kata kunci : problem based learning, sikap nasionalisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, sikap nasionalisme
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr Parco Rao
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:37
Last Modified: 23 Sep 2022 01:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8707

Actions (login required)

View Item View Item