PENGEMBANGAN SKALA PROKRASTINASI AKADEMIK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA KEDIRI

Alfarabi, Nafis Zahara KIndi and AROFAH, LAELATUL and RATNAWATI, VIVI (2022) PENGEMBANGAN SKALA PROKRASTINASI AKADEMIK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010015_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_18101010015.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_06_Ref..pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010015_0722069101_0728038306_07_Lamp..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Sudah dua tahun pandemi covid 19 melanda dunia, banyak sektor yang terdampak atas peristiwa tersebut, terutama pada dunia pendidikan dimana banyak siswa yang harus melakukan pembelajaran online atau daring. Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran dengan menggunakan media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengajar dengan siswa tanpa harus bertatap muka. Pembelajaran ini berguna untuk mengurangi interaksi antara guru dan peserta didik. Selain itu, demi untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. Pembelajaran daring ini juga rentan dengan prokrastinasi akademik. Hal tersebut terjadi karena prokrastinasi memiliki pengaruh yang besar akan kegiatan pembelajaran dalam kondisi jarak jauh dan dapat menimbulkan dampak negatif pada siswa itu sendiri. Tidak hanya itu saja ternyata guru bimbingan dan konseling tidak dapat mengetahui siswa mana yang terkena prokrastinasi akademik. Guru bimbingan dan konseling hanya mengetahui siswa itu mengalami prokrastinasi akademik apabila ada laporan dari guru mata pelajaran terkait dengan pengumpulan tugas siswa tersebut. Oleh sebab itu perlu adanya alat atau instrument yang dapat membantu guru bimbingan dan konseling untuk mendeteksi permasalahan tersebut sejak dini supaya penanganan dan memberian treatment sesuai dengan masalah yang ada. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin menyusun skala prokrastinasi akademik yang valid secara konten maupun konstruk yang berguna untuk membantu guru BK dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan instrument. Peneliti mengembangkan teori ferrary menjadi 4 indikator, 8 prediktor, dan 46 item pernyataan. Penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu uji ahli dan uji lapangan. Untuk tes uji ahli mendapatkan skor sebesar 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi dan layak digunakan. Sedangkan untuk uji lapangan menggunakan analisis Alpha Cronbach mendapatkan skor sebesar 0,795 yang masuk dalam kategori tinggi. Item yang tersaring dengan tes validitas sebanyak 31 butir item pernyataan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen, prokrastinasi akademik
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nafis Zahara Kindi
Date Deposited: 13 Sep 2022 21:40
Last Modified: 24 Jan 2023 23:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item