PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MATERI IPS TENTANG MENGIDENTIFIKASI KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS DAN AGAMA DI PROVINSI SETEMPAT SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA PADA KELAS IV

Sari, Mega Isna Tiara and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and PERMANA, ERWIN PUTERA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MATERI IPS TENTANG MENGIDENTIFIKASI KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS DAN AGAMA DI PROVINSI SETEMPAT SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA PADA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (851kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17.1.01.10.0114_0704078402_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga dalam Materi IPS tentang Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis dan Agama di Provinsi Setempat sebagai Identitas Bangsa Indonesia pada Kelas IV, Skripsi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2022 Pengembangan dan penelitian yang dilakukan dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS materi Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis dan Agama di Provinsi Setempat sebagai Identitas Bangsa Indonesia pada Kelas IV di SDN Banyanyar yang masih belum menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Agar peserta didik dapat tertarik untuk belajar, peneliti dapat membantu guru dan siswa dengan mengembangkan media pembelajaran ular tangga. Tujuan dikembangkanya media ular tangga Keragaman SEBETA sebagai Identitas Bangsa Indonesia untuk mendiskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (evalusi). Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Banyuanyar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif yang dijabarkan dalam analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media ular tangga SEBETA yaitu kevalidan dilihat berdasarkan validasi ahli media memperoleh presentase skor 82,69% pada kategori 81%-100%, sehingga sangat baik atau tidak revisi/valid. Sedangkan untuk validasi perangkat pembelajaran memperoleh presentase skor 80% dan 75% untuk presntase materi, pada kategori validitas 61%-80%, sehingga validitas baik atau tidak revisi/valid. Media ular tangga SEBETA dinyatakan praktis melalui respon guru dengan presentase skor 94% dan respon peserta didik sebesar 95,5% pada kategori kepraktisan 81%-100%, sehingga praktis sangat baik atau tidak revisi/praktis. Hasil keefektifan penggunaan media melalui uji coba postest dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik menggunakan media ular tangga adalah 100% sehingga berada pada rentang 90%≤NR≤100% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa media ular tangga SEBETA yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media ular tangga, ips, keragaman Indonesia
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. Mega Isna Tiara Sari
Date Deposited: 10 Sep 2022 12:02
Last Modified: 10 Sep 2022 12:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item