ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING) PADA MATERI NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Mahendratama, Franco Johan and DARSONO, DARSONO and NURFAHRUDIANTO, AAN (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING) PADA MATERI NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_16101050023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_16101050023_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (675kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_16101050023_0710016401_0724077901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Franco Johan Mahendratama : Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking) Pada Materi Nilai Mutlak Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2020. Kata Kunci : Berpikir Tingkat Tinggi, HOTS, Nilai Mutlak, Gaya Belajar Pendidikan pada tahun 2020 sudah menggunakan kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan K13. Pendidikan matematika khususnya pada K13 sudah menggunakan batasan dimensi kognitif atau pengetahuan menjadi 2 yaitu kemampuan berpikir tingkat rendah (Low Order Thinking Skills) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Dalam pembejalaran matematika, terkadang guru memberikan beberapa tingkat kesulitan dalam penyusunan soal yang akan diberikan kepada peserta didik. Soal yang tergolong sukar biasa dikatakan sebagai soal HOTS. Pada penyelesaian soal HOTS biasanya peserta didik menggunakan beberapa strategi atau cara penyelesaian yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat berdasarkan gaya belajar salah satunya. Gaya belajar merupakan cara seseorang dalam menerima informasi yang didapatkan. Gaya belajar umumnya ada 3, yaitu gaya belajar tipe auditori, visual, dan kinestetik. Ketiga gaya belajar tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking) Pada Materi Nilai Mutlak Ditinjau Dari Gaya Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan 3 subjek berdasarkan tiap-tiap gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menampilkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini subjek dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang cukup baik, diukur berdasarkan hasil analisis data pada lembar jawaban siswa. Subjek ini memiliki pendengaran yang bagus. Subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang cukup baik, diukur berdasarkan hasil analisis data pada lembar jawaban siswa. Subjek ini memiliki daya serap yang baik jika menerima informasi berdasarkan apa yang dapat dilihat sevara verbal. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, diukur berdasarkan hasil analisis data pada lembar jawaban siswa. Subjek ini belum dapat dilihat kelebihan atau kelemahannya dikarenakan penelitian ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 dan tidak dapat bertatap muka secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi, HOTS, Nilai Mutlak, Gaya Belajar
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Franco Johan Mahendratama
Date Deposited: 24 Aug 2020 15:17
Last Modified: 24 Aug 2020 15:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item