Sari, Silvia Novita and ZAMAN, WAHID IBNU and PRIMASATYA, NURITA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MEMBANDINGKAN DAN MENGURUTKAN BILANGAN UNTUK SISWA KELAS I. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100122.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100122_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100122_0713078602_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berhitung di Sekolah Dasar merupakan kemampuan dasar untuk menyelesaikan persoalan lebih lanjut, namun banyak siswa kurang menguasai mata pelajaran matematika. Menurut hasil observasi di kelas I SD Islam Terpadu Darul Falah Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, guru menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran, tetapi hanya menggunakan buku ajar sekolah yang disampaikan secara verbal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dan pembelajaran tidak berpusat pada guru sehingga peserta didik semakin aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan Multimedia Berbasis Articulate Storyline dinilai dapat menarik perhatian peserta didik karena terdapat video,file, gambar, musik, dan animasi. Untuk itu perlu diteliti kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menghitung nilai rata-rata dari banyaknya responden yang menjawab angket mengenai penyampaian materi membandingkan dan mengurutkan bilangan berbasis Articulate Storyline. Hasil validasi materi diperoleh 94% sedangkan validasi media 86,25%. Untuk presentase kepraktisan diperoleh respon guru 92,30% sedangkan 94,20% untuk respon siswa. Pada kriteria ketuntasan secara klasikal diperoleh 80% pada uji kelompok kecil dan 86,26% dari hasil uji lapangan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Multimedia Berbasis Articulate Storyline sangat baik, praktis, dan efektif untuk digunakan dimana siswa sanggup menjelaskan dan memahami materi membandingkan dan mengurutkan bilangan menggunakan Multimedia Berbasis Articulate Storyline.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, articulate storyline, membandingkan dan mengurutkan bilangan. |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Silvia Novita Sari |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 05:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 05:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8507 |
Actions (login required)
View Item |