KEARIFAN LOKAL DAN SENI BARONGAN UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN SISWA SEKOLAH DASAR

NINGSIH, DERA KARISMA and PUTRI, KHARISMA EKA and HUNAIFI, ABDUL AZIZ KEARIFAN LOKAL DAN SENI BARONGAN UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN SISWA SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA TAUHIDI JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100010.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100010_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100010_0719109101_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100010_0719109101_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (772kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya permasalahan yang meningkat tentang kepemilikan budaya asli Indonesia oleh negara lain. Perkembangan zaman membuat pengetahuan siswa sekolah dasar mulai menurun akan budaya daerah yang dimiliki khususnya hilangnya kegiatan literasi budaya dan kewargaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pengetahuan terhadap nilai-nilai kearifan lokal seni barongan untuk menumbuhkembangkan literasi budaya siswa sekolah dasar. Subyek penelitian adalah guru dan 28 siswa kelas 4 SDN Kalikejambon 1 Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data berupa observasi dan wawancara serta teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis taksonomi. Hasil penelitian ini menjelaskan sesuai dengan tujuan penelitian bahwa adanya nilai kearifan lokal sebagai sarana literasi budaya. Karena kemampuan literasi budaya sangatlah penting dalam mengenalkan budaya dan jati diri bangsa yang dapat memupuk sikap peduli terhadap sesama. Penerapan dari literasi budaya dan kewargaan yang mampu mengembangkan dengan menumbuhkembangakan sikap melalui nilai kearifan lokal dan seni barongan. Kearifan lokal dan seni barongan menjadi dasar perkembangan literasi budaya muncul di kalangan siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan produk hasil program P3D oleh Tim P3D Universitas Nusantara PGRI Kediri pada kegiatan pertunjukan yang diselenggarakan di Desa Kalikejambon Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam seni berongan yang bermanfaat dalam pembelajaran adalah Nilai moral, Nilai estetika, Nilai Budaya, Nilai Pendidikan atau Edukasi, Nilai Kepercayaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Kesenian Barongan,Literasi Budaya SD
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Dera Karisma Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2022 14:26
Last Modified: 08 Sep 2022 14:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item