IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP MATERI MENGURAIKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG ISI BUKU SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR

Utaminingrum, Dwi Sri and LAILA, ALFI and PERMANA, ERWIN PUTERA (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP MATERI MENGURAIKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG ISI BUKU SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100037.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100037_0708087703_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100037_0708087703_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Pembahasan pada artikel ini bertujuan untuk memaparkan implementasi model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra dan menentukan hambatan. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru dan siswa kelas IV. Data ini berupa hasil wawancara. Sumber data yang diperoleh dari artikel ini yaitu wawancara yang berkaitan dengan pembelajaran model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra. Teknik ini menggunakan teknik analisis triangulasi yang dibedakan menjadi tiga, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi waktu. Hasil wawancara pada penelitian ini adalah model STAD dapat membuat siswa untuk mengembangkan keterampilan, lebih aktif dalam berpendapat dan kritis, menghargai pendapat orang lain. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman guru dalam pembelajaran, kurangnya kekreatifan guru saat pembelajaran berlangsung, kurang terampil dalam memotivasi kegiatan belajar mengajar dikelas, kurangnya siswa yang menyukai menulis dan berbicara saat berpendapat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra sangat baik di gunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: (a) model STAD (Student Team Achievement Devision) (b) Bahasa Indonesia (c) Pendapat Pribadi
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Dwi Sri Utaminingrum
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:00
Last Modified: 24 Aug 2020 06:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item