MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Rahmasari, Putri Cita and BUDIONO, HERU and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2020) MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_14101100204.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_14101100204_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_14101100204_707086301_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_14101100204_707086301_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (791kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi materi keliling persegi dan persegi panjang pada kelas III yang menunjukkan hasil rata-rata siswa sebanyak 65,2% mendapatkan nilai di bawah KKM, faktor penyebabnya adalah guru yang hanya menggunakan metode konvensional serta tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Sehingga, diperlukan model dan media dalam memecahkan masalah tersebut dengan tujuan agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif serta siswa dapat memahami dan memperoleh nilai hasil belajar secara maksimal. Kajian ini merupakan kajian deskriftif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan kajian pustaka yang akan diambil baik dari buku-buku maupun jurnal ilmiah. Model dan media untuk memecahkan permasalahan di atas, salah satunya dengan menggunakan model Student Achivement Division (STAD). Model STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat menarik siswa untuk belajar karena dalam proses pembelajaran melibatkan interaksi atau kerjasama antar siswa, sehingga siswa dapat berperan aktif selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan, Media benda nyata merupakan media yang paling tepat pada materi ini karena memiliki manfaat yang dapat langsung diaplikasikan ke kehidupan siswa sehingga pengalaman belajar yang nyata tersebut akan bertahan lama dalam ingatan siswa. Sebagaimana hasil yang telah dinyatakan dalam kajian literatur terdahulu, penggunaan model STAD dan media benda nyata berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa. Sehingga, berdasarkan kajian literatur yang ada dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD yang didukung media benda nyata mampu meningkatkan kemampuan siswa terhadap kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model STAD, Benda Nyata, Keliling Persegi dan Persegi Panjang
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Putri Cita Rahmasari
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:01
Last Modified: 24 Aug 2020 06:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item