PENGEMBANGAN MEDIA GANTARA UNTUK MEMAHAMI ARTI GAMBAR PADA LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Romadhoni, Kurnia and MUJIWATI, ENDANG SRI and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA GANTARA UNTUK MEMAHAMI ARTI GAMBAR PADA LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100008.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100008_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (264kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (883kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_06_ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (111kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Aetikel)
RAMA_86206_16101100008_0725076201_0730098803_Artikel.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas III MI Tarbiyatul Athfal Gadungan ditemukan bahwa siswa belum memahami arti dan simbol Garuda Pancasila dengan baik. Hal ini disebabkan guru belum menemukan dan menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami mata pelajaran PPKn khususnya pada materi arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dari pengembangan media GANTARA. Tujuan dikembangkannya media GANTARA yaitu untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, serta mempermudah siswa untuk memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang dikembangkan yaitu “Bagaimana kevalidan media GANTARA untuk memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila siswa kelas III Sekolah Dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah ini dapat diambil tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kevalidan media GANTARA. Model pengembangan ADDIE akan digunakan dalam penelitian ini. Model ADDIE memeiliki beberapa prosedur terdiri dari : (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Prosedur penelitian model ADDIE meliputi (1) melakukan analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran, (3) mengembangkan media, (4) mengimplementasikan media pembelajaran, dan (5) mengevaluasi media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi media. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kualitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui dan mengolah data yang bertujuan untuk mencari tahu kevalidan media pembelajaran GANTARA. Hasil dari penelitian pengembangan media GANTARA “Garuda Nusantara” adalah sebagai berikut. (1) hasil validasi media oleh validator pertama menghasilkan persentase sebesar 92% media dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. (2) hasil validasi media oleh validator kedua menghasilkan persentase sebesar 94% media dinyatakan valid dan tidak perlu revisi, (3) hasil validasi media oleh validator ketiga menghasilkan persentase sebesar 94% media dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Diputuskan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media GANTARA, Materi Arti Gambar Pada Lambang Negara Garuda Pancasila.
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Kurnia Romadhoni
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:01
Last Modified: 24 Aug 2020 06:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item