Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini Kelompok B di RA KM SUKOANYAR III

Sho'imatun, Nikmah and LINDA, DWIYANTI and WIDI, WULANSARI (2022) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini Kelompok B di RA KM SUKOANYAR III. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, pada kelompok B ditemukan bahwa kegiatan pengembangan kemampuan kognitif khususnya pada pembelajaran sains masih jarang di kembangkan. Dikarenakan konsep sains yang dikenalkan guru selama ini bukan diberikan melalui kegiatan praktek kegiatan langsung tetapi guru hanya memberikan menjelaskan tentang konsep sains pada contoh materi pembelajaran proses pertumbuhan tanaman melalui gambar dan dengan LKA. Akibatnya anak kurang memahami penjelasan guru mengenai konsep sains tersebut karena pembelajarannya berpusat pada guru dan anak tidak difasilitasi untuk terlibat langsung dalam kegiatan pengamatan, dan bereksplorasi dalam kegiatan sains. Hal ini yang menyebabkan kemampuan sains anak RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR III cenderung masih rendah. Sehinngga penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan sains melalui metode eksperimen dengan kegiatan pencampuran warna. Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan sains pada kelompok B di RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR III. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan subjek penelitian anak kelompok B RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR III. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali treatment, menggunakan instrumen mengukur pemecahan masalah, yaitu menggunakan jenis instrumen Tes. Instrumen tes tersebut terdiri atas soal tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikn dari metode eksperimen dengan pencampuran warna berdasarkan nilai signifikansi dalam Uji Wilcoxon sebesar 0,0001. Pengaruh yang diberikan merupakan pengaruh yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai posttest dari 22 anak lebih baik dari nilai pretestnya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa data tidak normal dan tidak homogen. Sehingga dilakukan uji hipotesis dengan Uji Wilcoxon. Hasil dari Uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B di RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR III Mojo Kediri. Dan pengaruh yang diberikan adalah pengaruh yang positif, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari kemampuan sains anak kelompok B di RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR III Mojo Kediri tahun ajran 2021/2022. Kata kunci : metode eksperimen, kemampuan sains, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksperimental Method, Science Ability, Early Childhood
Subjects: 630 Religion and philosophy > 641 Islam
630 Religion and philosophy > 652 Religious and cultural sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Sho'imatun Nikmah
Date Deposited: 19 Aug 2022 20:13
Last Modified: 19 Aug 2022 20:13
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item