PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI

Kurniawati, Puput and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and NINGSIH, RISANIATIN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_18101010009.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010009_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_070018601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kediri yang dimana pada masa pandemi menunjukkan sikap disiplin yang rendah. Contohnya seperti datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, menunda pekerjaan tugas, tidak mengikuti kelas online, dan melanggar tata tertib sekolah. Sikap disiplin belajar perlu ditekankan sejak dini, karena sikap disiplin belajar merupakan perihal yang sangat penting untuk siswa menjadi taat peraturan, tidak melakukan perilaku yang tidak baik dan juga menjadi pribadi yang teratur. Sikap disiplin belajar tinggi juga dapat dijadikan acuan untuk keberhasilan siswa dalam berpendidikan. Pada penelitian ini ditujukan untuk menanggapi permasalahan disiplin belajar yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan teknik self management terhadap disiplin belajar siswa pada masa pandemi di SMAN 1 Kediri. Teknik self management merupakan suatu teknik untuk mengontrol diri menjadi pribadi yang teratur dan tertib. Sedangkan bimbingan kelompok adalah suatu layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan secara berkelompok untuk membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi serta dapat mengembangkan potensi siswa. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pre eksperimen one group pretest-posttest. Jenis sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek diambil dari siswa kelas X MIPA G dengan jumlah 2 siswa dan X MIPA H dengan jumlah 5 siswa dari SMAN 1 Kediri. Penelitian ini juga menggunakan instrumen skala pengukuran disiplin belajar siswa. Pengujian data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 17.0 Perolehan hasil penelitian ini untuk pretest dengan jumlah 997 sedangkan untuk hasil posttest berjumlah 1121. Sesuai hasil uji t bahwa nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 7.546 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel 2,365 maka dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis alternatif diterima. Saran peneliti diharapkan siswa dapat meningkatkan disiplin belajar salah satunya dengan cara mempraktikan manajemen diri yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Management, Disiplin Belajar.
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 803 Guidance and counseling
710 Education science > 804 Other education fields not yet listed
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Puput Kurniawati
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:02
Last Modified: 19 Aug 2022 06:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item