KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG MACAM-MACAM GAYA

Febryandika, Riszal Noer and SOENARKO, BAMBANG and WENDA, DHIAN DWI NUR (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG MACAM-MACAM GAYA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100058.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100058_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Think-Pair Share didukung media visual pada pembelajaran ipa tentang macam-macam gaya. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan literatur review yang dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu (1) Pengumpulan data; (2) Penentuan sampel; (3) Pencatatan data; (4) Reduksi; dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah jurnal dan buku yang berkaitan dengan keefektifan model pembelajaran Think-Pair Share didukung media visual pada pembelajaran ipa tentang macam-macam gaya. Data tersebut gambaran mengenai keefektifan model pembelajaran think-pair share sesuai dengan kajian terdahulu dimana menurut Maria Yashinta (2016) ketuntasan klasikal mencapai 87,5%, menurut Sarwo Edi Wibowo (2013) ketuntasan klasikal mencapai 80%, menurut Frida Y (2019) ketuntasan klasikal 85%. Kesimpulan artikel ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think-Pair Share didukung media visual sangat efektif digunakan pada kompetensi dasar IPA kelas IV tentang macam-macam gaya dengan rata-rata ketuntasan klasikal mencapai 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, IPA, dan Think-Pair Share
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr RISZAL NOER FEBRYANDIKA
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:59
Last Modified: 24 Aug 2020 05:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item