PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME PUZZLE SIPENA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI MRICAN 2 KEDIRI

Nuryanti, Nila and WIGUNA, FRANS ADITIA and SANTI, NOVI NITYA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME PUZZLE SIPENA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI MRICAN 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100059.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100059_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (438kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100059_0719048206_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi lapangan yang dilakukan di SD Negeri 2 Mrican Kediri. Dapat diketahui bahwa saat mengajar guru yang tidak menggunakan media pembelajaran dan menggunakan metode ceramah saja. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi bosan, mengantuk dan siswa kesulitan memahami materi sistem pencernaan manusia yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri? (2) Bagaimana keefektifan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri? (3) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri?. Tujuan penelitian pengembangan ini : (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri (3) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran game puzzle pada materi alat pencernaan manusia pada kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berbasis research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengggasilkan produk media game puzzle sipena. Tahan peneitian dan pengembangan ini mengacu pada lima langkah model pengembangan ADDIE: Analysis (analisa), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran game puzzle sipena dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan, dengan perolehan skor dari ahli media sebesar 84% dan 90% dari ahli materi, (2) media pembelajaran game puzzle sipena dikategorikan sangat praktis dan sangat baik digunakan tanpa perbaikan, dengan perolehan skor 88% dari angket guru dan 97,9% dari angket siswa, dan (3) media pembelajaran game puzzle sipena digunakan dalam pembelajaran, diperoleh dari hasil pre test siswa dan post test siswa tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan uji t nilai Sig (0,000) < Alpha (0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Game Puzzle Sipena, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Nila Nuryanti
Date Deposited: 17 Aug 2022 09:05
Last Modified: 17 Aug 2022 09:05
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item