KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

Susilo, Andre and SOENARKO, BAMBANG and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2020) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100058.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100058_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara model TGT dan Jigsaw yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review (kajian literasi). Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu : 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan. Sumber penelitian adalah buku dan jurnal yang berkaitan dengan penerapan model TGT dan Jigsaw pada pembelajaran IPS. penerapan model TGT dan Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan aktivitas dengan indikator komunikasi pada model TGT menunjukkan hasil tertinggi dengan persentase 100% dan terendah 95,23%, dengan rata-rata 97,61%. Sedangkan pada model Jigsaw hasil aktivitas dengan indikator komunikasi menunjukkan hasil tertinggi sebesar 91.2% dan terendah 88,125% dengan rata-rata 89,66%. Dari rata-rata persentase aktivitas komunikasi pada penerapan model TGT lebih tinggi dibanding Jigsaw. Maka dapat dikatakan bahwa kedua model dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi akan tetapi model Jigsaw lebih efektif diterapkan pada pembelajaran IPS, karena lebih menekankan pada pengelolaan informasi yang didapat untuk dikomunikasikan dengan bahasanya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Jigsaw, Pembelajaran IPS, Keterampilan Berkomunikasi
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Andre Susilo
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:59
Last Modified: 24 Aug 2020 05:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item