EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM.

Andini, Agnes Mayta and Soenarko, Bambang and Basori, Muhamad (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86207_16101100013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_16101100013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB)
[img] Text (References)
RAMA_86207_16101100013_0704025601_0721048003_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_16101100013_0704025601_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan lapangan, yang ditengarai siswa menampakkan kesan adanya kebosanan dan tampak kurang terlibat dalam aktivitas pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah tanpa didukung media. Mata pelajaran IPA harus menanamkan konsep ilmiah dan melakukan berbagai percobaan agar siswa mampu memecahkan masalah. Dari keberagaman model pembelajaran yang ada, salah satu model pembelajaran yang dipertimbangkan dapat digunakan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Model IOC merupakan konsep belajar yang bertujuan agar siswa dapat menyampaikan informasi dari isi materi kepada orang lain. Model IOC memiliki langkah-langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, simpulan materi, dan evaluasi. Disamping penggunaan model pembelajaran guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dikreasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik minat belajar dan membangun antusiasme. Dari sekian banyak media pembelajaran, yang dipertimbangkan efektif salah satunya yaitu media visual. Media visual merupakan media yang dapat dilihat, memiliki bentuk, warna, dan tekstur dalam penyajiannya yang menarik. Dengan media visual, guru dapat meminimalkan sistem penyampaian ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: science learning, Inside-Outside Circle, and visual media.
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Agnes Mayta Andini
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:59
Last Modified: 24 Aug 2020 05:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item