PENGEMBANGAN MEDIA DENAH PUZZLE BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENJELASKAN MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN CIRI-CIRINYA PADA SISWA KELAS II DI SDN SAMBI 2 TAHUN AJARAN 2021/2022

Saputra, Nanda and AKA, KUKUH ANDRI and ZAMAN, WAHID IBNU (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DENAH PUZZLE BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENJELASKAN MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN CIRI-CIRINYA PADA SISWA KELAS II DI SDN SAMBI 2 TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (788kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100013_0713118901_0714078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada kelas II SDN Sambi 2 Kebupaten Kediri, dalam proses pembelajaran penggunaan media untuk menjelaskan materi bangun ruang masih berfokus pada gambar yang ada pada buku siswa dan benda-benda yang ada disekitar, keterbatasan fasilitas disekolah membuat media yang digunakan kurang tepat sehingga siswa masih kesulitan untuk memahami materi dan menentukan berbagai bentuk bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya. Sehingga siswa kurang antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran denah puzzle bangun ruang dipercaya mampu memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran terkait materi bangun ruang. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media denah puzzle bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui kevalidan produk pengembangan media denah puzzle bangun ruang. (2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan media denah puzzle bangun ruang. (3) mengetahui efektifan produk pengembangan media denah puzzle bangun ruang Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Dengan menggunakan tahap analysis, design, developmen, implementation, evaluation. Subyek penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II SDN Sambi 2 yang berjumlah 10 orang siswa. Uji coba produk dilakukan dengan pengambilan data melalui dan observasi dengan teknik pengumpulan data berupa butir angket. Teknik analisis data yang sudah dihitung kemudian dirubah menjadi kualitatif. Uji analisis kelayakan produk yang dikembangkan ditetapkan melalui hasil validasi media, validasi materi serta praktek uji coba pemakaian oleh siswa dan guru menggunakan analisis deskriptif. Uji kepraktisan menggunakan respon angket guru dan siswa. Uji keefektifan didapatkan dengan hasil nilai siswa setelah menjawab soal. Berdasarkan hasil analisis yang dipaparkan (1) Kevalidan produk denah puzzle bangun ruang sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan ciri bangun ruang pada anak kelas II SDN Sambi 2 Kabupaten Kediri, pada validasi media memperoleh nilai 88 kategori sangat valid, sedangkan pada validasi materi memperoleh nilai 81 kategori valid. (2) Kepraktisan produk denah puzzle bangun ruang sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan ciri bangun ruang pada anak kelas II SDN Sambi 2 Kabupaten Kediri, pada angket respon guru memperoleh nilai 88 kategori sangat praktis, sedangkan pada angket respon siswa memperoleh nilai 92 kategori sangat praktis. (3) Keefektifan produk denah puzzle bangun ruang sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan ciri bangun ruang pada anak kelas II SDN Sambi 2 Kabupaten Kediri, dengan nilai rata-rata sebesar 82 kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media denah puzzle bangun ruang ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada pembelajaran materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Denah Puzzle, Puzzle Tiga Dimensi, Bangun Ruang.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Nanda Saputra
Date Deposited: 17 Aug 2022 10:25
Last Modified: 17 Aug 2022 10:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6008

Actions (login required)

View Item View Item