SINERGI STRATEGI CUSTOMER BONDING UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PIZZA HUT DELIVERY KOTA KEDIRI

Laksono, Bayu and ALIAMI, SRI and DJOKO S, EDY (2022) SINERGI STRATEGI CUSTOMER BONDING UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PIZZA HUT DELIVERY KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_18102020225.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_18102020225_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (594kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (649kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB)
[img] Text (References)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_18102020225_0716086403_0715106203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju dan berteknologi membuat persaingan perusahaan semakin ketat. Sebagai upaya memenangkan persaingan, perusahaan harus unggul, cepat menangkap peluang, dan memiliki keunikan melalui strategi pemasaran. Salah satu strategi menjaga pelanggan agar tetap memakai produk dan tidak memilih perusahaan yang lain, yaitu dengan cara mengikat pelanggan dan dikenal sebagai strategi Customer Bonding. Pertumbuhan perokonomian di era modernisasi masyarakat Indonesia mulai tertarik dan menyukai fast food seperti hamburger, kentucky, spagetthi, pizza, hot dog dan masih banyak lagi. Dengan persaingan bisnis brand besar tersebut dalam mempertahankan pelangannya, peniliti memilih Pizza Hut Delivery Kediri sebagai sarana penelitian. Mengingat, PHD sedang gencar melakukan kegiatan dalam rangka mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui sinergi strategi Customer Bonding untuk mempertahankan loyalitas pelanggan PHD Kediri. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Customer Bonding terdiri atas lima dimensi yang dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. (1) Awarenes bonding dapat dijabarkan melalui indikator (a) advertising menggunakan jenis iklan komersial dan nonkomersial dengan media audio, visual dan audio visual, (b) Direct marketing menggunakan proses telemarketing, content marketing, dan juga kemitraan dengan komunitas dari berbagai segmen. dan (c) Interactif marketing berupa personalisasi konten bisnis yang dibuat oleh perusahaan serta mewadahi pelanggan dalam media guest experience survey sebagai sarana timbal balik perusahaan dengan konsumen. (2) Identity Bonding dapat dijabarkan melalui indikator (a) green marketing dengan mendukung program pemerintah terkait issue go green. (b) Ivolving the community adanya bantuan kepada warga sebagai wujud kepedulian (3) Relationship Bonding dijabarkan melalui indikator (a) Public relation yang ditunjukan adanya proses pelatihan sikap dan komunikasi menghadapi pelanggan oleh karyawan, (b) Salles promotion dengan adanya kegiatan promosi secara komersial dan nonkomersial juga berkolaborasi dengan influencer. dan (c) Personal seling dengan Technical selling. (4) Community Bonding, dijabarkan melalui indikator (a) Sponsorship event dengan kegiatan berjenis brand sponsorship dengan mengikuti event-event skala regional (b) Club organizer dengan melibatkan komunitas seperti jasa titip yang dikelola oleh konsumen itu sendiri. (5) Advocacy Bonding dijabarkan melalui indikator (a) New product expose dengan memberikan peluang pelanggan untuk mencoba produk baru melalui promosi. (b) Commitment dengan komitmen untuk selalu menjaga kualitas produk dan operasional sesuai prosedur perusahaan dan (5) Word of mouth dengan berjalannya media guest experience survey. Keberhasilan PHD Kediri dalam menjalankan Strategi Customer Bonding ditinjau dari peningkatan frekuensi pembelian ulang berdasarkan identitas member.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Customer Bonding, Loyalitas
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 571 Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Mr Bayu Laksono
Date Deposited: 11 Aug 2022 09:57
Last Modified: 11 Aug 2022 09:57
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item