PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 2 TAHUN 2021/2022

Santoso Putri, Bella Mega and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and MUJIWATI, ENDANG SRI (2022) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 2 TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (753kB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100157_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100157_0704078402_0725076201_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (270kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100157_0704078402_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Selain itu, selama proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran yang berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Tujuanpenelitian 1) untuk mengetahui pengaruh model CTL berbantuan mediaivideo pembelajaran terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi; 2) untuk mengetahui pengaruh model CTL tanpa berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi; 3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model CTL berbantuan media video pembelajaran dengan model CTL tanpa berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis eksperimen. Teknik yang digunakan Quasi Experimental dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Pengumpulandata penelitian ini berupa pretest dan posttest pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA 24 siswa dan kelas IVB 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung kelas eksperimen 55,788 ≥ ttabel 2,012 dan thitung kelas kontrol 47,700 ≥ ttabel 2,012 dengan taraf signifikasi 5%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada pengaruh model CTL berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi siswa kelas IV SDN Lirboyo 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Video Pembelajaran, Sumber Energi
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Bella Mega Santoso Putri
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:54
Last Modified: 18 Aug 2022 01:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item