Pengaruh Metode TTW Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kediri

Fatimah, Siti Nurul and PITOYO, ANDRI and PUSPITONINGRUM, ENCIL (2022) Pengaruh Metode TTW Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kediri. In: Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran). Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, pp. 360-368.

[img] Text (Sampul, Redaksi, Daftar Isi, dan Artikel)
Sampul, Daftar Isi, dan Artikel Metode TTW.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Uji plagiasi)
Hasil Pengaruh Metode TTW Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kedir.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer review Encil)
Peer review Pengaruh Metode TTW Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Kedir.pdf

Download (527kB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdi...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kemampuan mengidentifikasi teks yang harus dikuasai siswa sebagai hasil belajar dari memahami isi materi yang telah disampaikan. Selain itu, dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia kecakapan mengidentifikasi terdapat di seluruh kopentensi dasar (KD), salah satunya terdapat pada materi teks negosiasi. Ketika peneliti melakukan pengujian tanpa penerapan suatu metode pembelajaran atau konvensinal menghasilkan suatu pedoman yang menyatakan bahwa siswa kelas X SMAN 1 Kediri dengan rata-rata nilai 73.06.25 masih belum mampu mencapai nilai di atas KKM rendah dan hanya terdapat 40% siswa yang nilainya mencapai KKM. Terdapat faktor yang melatar belakangi hal tersebut yakni metode pembelajaran tidak dapat menumbuhkan rasa antusias siswa dalam kengiatan pembelajaran. Melihat kondisi tersebut, Think Talk Write (TTW) merupakan suatu metode pembelajaran yang dipilih peneliti sebagai jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang ada. Untuk menguji dan mengetahui apakah metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) mampu memberikan pengaruh dalam kemampuan mengidentifikasi teks negosiasi merupakan tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini, sehingga teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian eksperimen. Two Group-test Only Design menjadi desain dalam penelitian ini karena melibatkan 2 kelompok yaitu kontrol dan eksperimen. Dapat dilihat dari temuan hasil penelitian menerangkan benar adanya bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam kegiatan belajar mampu memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi teks negosiasi. Nilai siswa dengan rata-rata 92.0313 dapat dinyatakan tinggi dan sudah mencapai KKM

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Encil Puspitoningrum
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:26
Last Modified: 07 Jul 2022 04:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item