PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA KONSEP DIRI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP KOTA KEDIRI PASCA PANDEMI COVID 19

KRISPHIANTI, YUANITA DWI and NINGSIH, RISANIATIN (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA KONSEP DIRI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP KOTA KEDIRI PASCA PANDEMI COVID 19. Prosiding Seminar nasional Bimbingan dan Konseling, UAD, 1. pp. 1161-1171. ISSN 2808-9421

[img] Text
C.2.a.4 Artikel.pdf

Download (702kB)
[img] Text
C.2.a.4 Peer Review.pdf

Download (375kB)
[img] Text
C.2.a.4 Turnitin.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/v...

Abstract

Konsep diri akademik merupakan cara pandang peserta didik untuk menilai kemampuan akademik yang dimiliki secara positif atau negative. Cara pandang akademik berpengaruh pada prestasi akademik peserta didik. Adanya konsep diri akademik yang tinggi akan meningkatkan prestasi akademik, begitupula dengan sebaliknya. Pandemi Covid 19, nampaknya membawa pengaruh terhadap konsep diri akademik peserta didik. Hal ini dilihat dari pelaksanaan metode pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, yakni metode daring. Metode daring atau pelaksanaan pembelajaran secara online disinyalir membawa pengaruh pada rendahnya konsep diri akademik peserta didik, yang ditunjukkan dengan a) tumbuh rasa malas dan tidak disiplin untuk mengerjakan tugas-tugas dari guru, b) tumbuh rasa lebih baik menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas game online di warung daripada harus mengerjakan tugas�tugas yang diberikan, c) ragu-ragu ketika mengerjakan tugas, dan d) memilih meng-copy paste pekerjaan teman-temannya daripada mengerjakan sendiri. Akan tetapi, hal ini belum bisa dipastikan, oleh karena itu dibutuhkan suatu instrument yakni skala konsep diri akademik peserta didik SMP pasca pandemic covid 19. Instrument skala konsep diri akademik peserta didik SMP ini digunakan untuk mengukur tingkat konsep diri akademik mereka, dengan harapan, data yang didapat akan bisa digunakan guru BK sebagai dasar untuk menentukan layanan yang sesuai kepada peserta didik. Tentunya layanan yang diberikan akan membantu peserta didik, memiliki konsep diri akademik yang tinggi. Tidak saja prestasi akademik yang naik tetapi juga tanggung jawab sebagai pelajar SMP meskipun dalam suasana pandemic covid 19. Tujuan penelitian yang dirumuskan yakni untuk mendapatkan instrumen skala konsep diri peserta didik SMP. Teknik penelitian menggunakan development research. Namun, penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi tentang bagaimana menghasilkan instrument skala konsep diri akademik peserta didik SMP

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: skala, konsep diri akademik
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuanita Dwi Krisphianti
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:45
Last Modified: 30 Jun 2022 04:45
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item