STRATEGI MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMP MELALUI MEDIA BOARD GAME ANGLING DARMA

Utami, Melinda Dewi and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and NINGSIH, RISANIATIN (2022) STRATEGI MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMP MELALUI MEDIA BOARD GAME ANGLING DARMA. Seminar Nasional Virtual Konseling Kearifan Nusantara 2 dan Call Paper, 2. pp. 103-115. ISSN 2810-0239

[img] Text
C.2.a.4 Artikel.pdf

Download (765kB)
[img] Text
C.2.a.4 Peer Review.pdf

Download (381kB)
[img] Text
C.2.a.4 Turnitin.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/a...

Abstract

Disiplin diri sangat diperlukan bagi siswa, karena dapat membantu siswa mengontrol dirinya dengan baik untuk taat dan patuh terhadap peraturan di sekolah. Fenomena yang terjadi berdasarkan hasil obeservasi di SMPN 2 Grogol ditemukan bahwa siswa mengalami rendahnya disiplin diri yang ditunjukkan dengan perilaku membolos, tidak mengerjakan tugas, dan menyalin tugas teman. Apabila dibiarkan, hal ini akan berdampak pada nilai akademik siswa yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan board game angling darma dalam meningkatkan disiplin diri siswa SMP. Teknik yang digunakan adalah teknik R&D dari Borg dan gall hingga pada tahap pengembangan produk. maka, peran konselor sangat diperlukan dalam peningkatan disiplin siswa. Konselor dapat mengembangkan media board game angling darma melalui nilai luhur dari tokoh Prabu Angling Darma yang dikemas secara menarik. Dengan demikian, media ini juga diharapkan dapat memberikan antusias dan minat siswa untuk mempelajari budaya dalam layanan bimbingan dan konseling

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: disiplin diri, media BK, board game Angling Darma
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuanita Dwi Krisphianti
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:06
Last Modified: 30 Jun 2022 04:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4773

Actions (login required)

View Item View Item