TAMASITA ELSA, MAMLUATUL ILMI and RATNAWATI, VIVI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA. PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA (8). (Unpublished)
Text (full text)
artikeL mamluatul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Percaya diri atau self confidence adalah aspek yang sangat penting untuk di miliki setiap individu karena akan berpengaruh pada setiap aktivitas dan keputusan yang akan di ambil . setiap individu mempunyai tingkat kepercayaan diri yang berbeda. Aspek percaya diri antara lain 1) keyakinan akan kemampuan diri, 2) Optimis, 3) Realistis dan rasional, 4) Objektif, 5) Bertanggung jawab. Di SMAN 6 Kediri peneliti melakukan pengembangan instrumen kepercayaan diri yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen sehingga intrumen skala kepercayaan diri tersebut diharapkan siswa akan terpetakan kepercayaan dirinya secara valid dan reliabel. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan yaitu skala psikologi (skala kepercayaan diri). Penelitian dilakukan dengan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Hasil analisis uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan alpha crombach. Diperoleh 17 item pernyataan valid yang masing-masing mewakili indikator dengan reliabilitas r alpha sebesar 0,813 berarti berada dalam kategori tinggi. Hal ini memiliki arti bahwa skala kepercayaan diri dapat di gunakan oleh guru BK untuk memetakan kepercayaan diri siswa di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, validitas, reliabilitas |
Subjects: | 200 Animal science > 210 Livestock science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Mamluatul ilmi Tamasita Elsa |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 13:15 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 13:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4681 |
Actions (login required)
View Item |