ANALISA PERBANDINGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO DAN MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENDAFTAR MAHASISWA BARU PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN KEDIRI

Resti, Nalsa Cintya and MAHDIYAH, UMI ANALISA PERBANDINGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO DAN MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENDAFTAR MAHASISWA BARU PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN KEDIRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. ISSN 978-623-96664-0-8

[img] Text
ARTIKEL ANALISA PERBANDINGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO DAN MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENDAFTAR MAHASISWA BARU PRODI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PEREVIEW_ANALISA PERBANDINGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO DAN MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENDAFTAR MAHASISWA BARU PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN KEDIRI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin_ANALISA PERBANDINGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri merupakan salah satu perguruan tinggi islam di Jawa Timur yang memiliki potensi besar dalam menyerap mahasiswa baru, sedangkan Program Studi Tadris Matematika merupakan salah satu program studi yang dimiliki IAIN Kediri. Sejak awal dibuka pada tahun ajaran 2017 – 2018, prodi Tadris Matematika mengalami kenaikan dan penurunan dalam hal registrasi ulang mahasiwa baru. Penelitian ini merupakan penelitian aplikatif yang didalamnya dilakukan analisa perbandingan inferensi fuzzy Tsukamoto dan Mamdani dalam memprediksi jumlah pendaftar mahasiswa baru dilihat dari jumlah mahasiswa yang lulus dan registrasi ulang. Hasil penelitian yang telah dihitung menunjukkan bahwa Inferensi Fuzzy metode Tsukamoto memiliki eror yang lebih kecil sebesar 20,9% dibanding Inferensi Fuzzy metode mamdani yang memiliki eror sebesar 35,5% pada prediksi jumlah pendaftar mahasiswa baru. Dengan mengacu pada penelitian ini diharapkan institusi dapat memprediksi jumlah mahasiswa baru yang akan mendaftar pada program studi yang ada di IAIN Kediri menggunakan Inferensi Fuzzy metode Tsukamoto. Kata kunci: perbandingan, inferensi fuzzy, Tsukamoto, Mamdani,mahasiswa baru

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Umi Mahdiyah
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:25
Last Modified: 10 Mar 2022 03:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item