PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO

WAHYUNIAR, LILIA SINTA and SHOFIA, NISKA and ROCHANA, SITI (2018) PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO. In: PROSIDING SEMINAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KE-2, 4 Agustus 2018, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Artikel_PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO)
2. Prosiding (Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo).pdf

Download (1MB)
[img] Text (Cek Plagiasi_PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO)
2. Turnitin_Prosiding (Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo).pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review_PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO)
PEER REVIEW (Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo).pdf

Download (577kB)
Official URL: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdik...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa MTS kelas VIII dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO dilihat dari perbedaan kemampuan matematika pada jenis kelamin perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Miftahul Huda Kabupaten Kediri. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan informasi dari guru mengenai kemampuan matematika serta kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai tugas masalah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dengan kemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang diperumum pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu pada pola yang diberikan. Sedangkan perempuan dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi satupun indikator berpikir aljabar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Lilia Sinta Wahyuniar
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:03
Last Modified: 11 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item View Item