Puspitasari, M. Dewi Manikta and Nadliroh, Kuni and Muzaki, Muhammad Najibulloh (2020) Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16 (3). pp. 36-44. ISSN 2548-6373
Text (Artikel_Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO)
7. Stategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO.pdf Download (494kB) |
|
Text (Cek Plagiasi_Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO)
7. Turnitin_Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida Menurut Taksonomi SOLO.pdf Download (506kB) |
|
Text (Peer Review_Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO)
7. Peer Review_Strategi Pemecahan Masalah Mekanika Fluida menurut Taksonomi SOLO.pdf Download (347kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemecahan masalah mahasiswa berkemampuan fisika tinggi dan sedang dalam menyelesaikan soal mekanika fluida. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah mekanika fluida. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, tes mekanika fluida dan tes kemampuan fisika. Tes kemampuan fisika digunakan untuk mengelompokkan tingkatan kemampuan fisika mahasiswa tinggi dan sedang bedasarkan kriteria nilai hasil tes kemampuan fisika mahasiswa. Sedangkan strategi pemecahan masalah ditentukan dari hasil jawaban mahasiswa terhadap 4 soal mekanika fluida yang diberikan dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan rubrik identifikasi strategi pemecahan masalah (epistemic game). Hasil analisis tes pertama menunjukkan strategi pemecahan masalah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah adalah mapping mathematics to meaning dengan level relational dan transliteration to mathematics dengan level multistructural. Pada tes kedua, mahasiswa menggunakan pictorial analysis dengan level extended abstract dan transliteration to mathematics dengan level relational dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan mahasiswa menyelesaikan masalah pada tes ketiga dengan menggunakan mapping mathematics to meaning dengan level relational dan recursive plug and chug dengan level relational. Mahasiswa menggunakan recursive plug and chug dengan level relational dan transliteration to mathematics dengan level relational dalam menyelesaiakn test keempat. Strategi pemecahan masalah dari penelitian ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan strategi atau model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran konsep materi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 773 Physical education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > D3-Teknik Elektro |
Depositing User: | M. Dewi Manikta Puspitasari |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 03:11 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 03:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4605 |
Actions (login required)
View Item |