UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DI SMK ARGA HUSADA PARE

Purpita Sari, Sherly Dewi and ATRUP, ATRUP and AROFAH, LAELATUL (2022) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DI SMK ARGA HUSADA PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_16101010029.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_16101010029_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (References)
RAMA_86201_16101010029_0709116101_0722069101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (445kB)

Abstract

Disiplin diartikan sebagai ketaatan pada peraturan. Sebelum disiplin perlu diterapkan adanya tata tertib atau peraturan yang wajib dibuat terlebih dahulu.Banyak siswa yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib atau peraturan yang berlaku di sekolah baik yang disengaja maupun tidak disengaja, seperti terlambat datang ke sekolah, membolos di jam pelajaran, membuang sampah sembarang, tidak memakai atribut lengkap, meninggalkan kelas/sekolah sebelum waktunya, dan lain sebagainya. Ketidaktaatan inilah yang membuat siswa menjadi terbiasa melanggar peraturan yang ada di sekolah, maka untuk itu siswa harus disiplin terhadap tata tertib di sekolah. Mengingat pentingnya disiplin di sekolah bagi peserta didik, maka peneliti memandang perlu adanya bantuan yaitu berupa teknik role playing. Tujuan dari penulisan ini adalah penerapan role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya kedisiplinan dalam menaati tata tertib atau peraturan yang berada di sekolah. Teknik penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain pra-eksperimental. Dikatakan “pra-eksperimental karena pada penelitian ini desain yang digunakan belum eksperimen sungguh – sungguh. Disimpulkan bahwa teknik role playing dapat merubah perilaku siswa dari sering melanggar tata tertib atau peraturan yang ada di sekolah menjadi taat dan mematuhi tata tertib dan peraturan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: role playing, kediplinan siswa
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Shelry Dewi Purpita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:30
Last Modified: 19 Aug 2022 05:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item