UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) MATERI SEPAKBOLA (DRIBBLE) KELAS V DI MI TARBIYATUL ISLAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MOH. FAKHORI RIZAL ZUNAIRI, ZUNAIRI and PUSPODARI, PUSPODARI and BUDIMAN, AGUNG (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) MATERI SEPAKBOLA (DRIBBLE) KELAS V DI MI TARBIYATUL ISLAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (SIMILARITY)
RAMA_85201_17101090071_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (566kB)
[img] Text (Full text)
RAMA_85201_17101090071.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_06.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_17101090071_0709059001_0706078801_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Moh. Fakhori Rizal Zunairi Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Teaching Game For Understanding (TGFU) Materi Sepakbola (Dribble) Kelas V Di Mi Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020/2021, Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri, 2021. Kata kunci: Hasil belajar, Sepakbola Dribble, Teaching game for understanding, Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran pendidikan jasmani di Mi tarbiyatul islam menggunakan pembelajaran model drill dan ceramah. akibatnya suasana kelas monoton,dan membosankan. hal tersebut nampak dari menurunya semangat belajar dan hasil belajar. Permasalahan peneliti adalah (1) Apakah model teaching games for understanding dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Seberapa besar peningkatan model pembelajaran TGFU Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V Mi Tarbiyatul Islam. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan isntrumen berupa RPP, lembar obervasi siswa, dan hasil tes belajar siswa. kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan model teaching game for understanding dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani bagi siswa kelas V MI Tarbiyatul Islam mengalami peningkatan, diperoleh sebanyak 16 siswa atau 80% tuntas dan 4 siswa atau 20% belum tuntas. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa dan melebihi 65% indikator keberhasilan maka perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,direkomendasikan: (1) Penerapan model TGFU dapat dijadikan salah satu pilihan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Penerapan model pembelajaran TGFU ini diharapkan lebih aktif dalam belajar dan lebih memahami apa yang dipelajari. (3) Model TGFU dapat dijadikan salah satu pikihan pembelajaran di MI Tarbiyatul Islam sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Sepakbola Dribble, Teaching game for understanding
Subjects: 710 Education science > 762 Physical education and health sciences
710 Education science > 773 Physical education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Moh. Fakhori Rizal Zunairi
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:29
Last Modified: 15 Feb 2022 04:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item