PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DIDUKUNG DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TOKOH-TOKOH SEJARAH HINDU-BUDHA DI INDONESIA KELAS IV SDN SINGONEGARAN 3 KEDIRI

Ashari, Ade Nur and PERMANA, ERWIN PUTERA and BASORI, MUHAMAD (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DIDUKUNG DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TOKOH-TOKOH SEJARAH HINDU-BUDHA DI INDONESIA KELAS IV SDN SINGONEGARAN 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100006.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100006_0706128701_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100006_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (322kB)

Abstract

Ade Nur Ashari: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble didukung dengan Permainan Teka-Teki Silang terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia Kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2021. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Permainan Teka-Teki Silang, Kemampuan Mengidentifikasi Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada pembelajaran IPS banyak guru masih melaksanakan pembelajaran dengan berfokus pada buku teks siswa dan hanya menggunakan metode ceramah serta penugasan, sehingga membuat peserta didik hanya mendengarkan penjelasan materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Pada pembelajaran guru cenderung mendominasi sedangkan peserta didik cenderung lebih pasif, hal ini menyebabkan kurang berminatnya peserta didik dalam pembelajaran Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia sebelum menggunakan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang pada kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri?. (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia sesudah menggunakan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang pada kelas IV Singonegaran 3 Kediri?. (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang terhadap kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia pada kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre Test and Post Test Group. Adapun subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia sebelum menggunakan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang pada kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri belum berhasil mencapai KKM dengan ketentuan klasikal 57.95%. (2) Kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia sesudah menggunakan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang pada kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri berhasil mencapai KKM dengan ketentuan klasikal 91.37%. (3) Adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran scramble didukung dengan permainan teka-teki silang terhadap kemampuan mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia pada kelas IV SDN Singonegaran 3 Kediri. Hal ini dapat dilihat dari hasil t-hitung > t-tabel yang dapat digambarkan yaitu 9.090 > 2.052 dengan taraf 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Permainan Teka-Teki Silang, Kemampuan Mengidentifikasi
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Ade Nur Ashari
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:50
Last Modified: 09 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4447

Actions (login required)

View Item View Item