PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

Binti, Nasiatul Aisiyah and SUJARWOKO, SUJARWOKO and ENCIL, PUSPITONINGRUM (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_88201_2014040051.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88201_2014040051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refrences)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_01_Front_Ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (391kB)
[img] Text (BAB 1)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_04.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (Refrences)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88201_2014040051_0730066403_0719068703_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (699kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis di sekolah menuntut siswa untuk mampu menuangkan gagasan atau ide mereka ke dalam bahasa tulis berdasarkan dengan materi yang telah disampaikan oleh guru. Pengetahuan tentang keterampilan menulis tersebut diperoleh melalui kegiatan dalam pembelajaran berupa suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh siswa berisi prosedur atau pola sistematis yang di dalamnya terdapat strategi, teknik, metode, bahan, media, dan alat pembelajaran lain yang memiliki peranan sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Desain ini merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kediri. Teknik analisis data yang dipakai adalah statistik inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapat perlakuan dengan model discovery learning mengalami peningkatan nilai tes. Artinya, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. hal ini didasari nilai sig pada uji paired sample t-test tersebut adalah 0,000 yang bearti <0.005 (Sig<0.005) yaitu 0.000<0.005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru bahasa Indonesia dapat memanfaatkan model pembelajaran terlebih di masa saat ini dan lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Menentukan model yang tepat tentu dapat memberikan dampak positif meningkatkan antusiasme siswa dan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah model discovery learning yang dinilai tepat dengan materi pelajaran, yaitu menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks prosedur, discovery learning.
Subjects: 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
500 Linguistics > 513 Literature (and language) of indonesia or other regions
500 Linguistics > 525 Library science
580 Humaniora social science > 616 Sociatriology
580 Humaniora social science > 618 History (history)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Binti Nasiatul Aisiyah
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:17
Last Modified: 08 Feb 2022 08:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item