PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI OPERASI ALJABAR

Huan, Andri Yeskial and Jatmiko, Jatmiko and NURFAHRUDIANTO, AAN (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI OPERASI ALJABAR. Journal of Science and Education (JSE), 1 (1). pp. 8-14. ISSN 2745-5351

[img] Text (article)
84202_0724077901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (714kB)
[img] Text (peer review)
84202_0724077901_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB)
[img] Text (similarity)
84202_0724077901_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://jse.rezkimedia.org/index.php/jse

Abstract

Pelajaran matematika khususnya materi aljabar dianggap sulit dan tidak menarik sebagian siswa karena materi sagatlah abstrak, akibatnya nilai siswa menjadi kurang optimal. Di dalam mengatasi permasalahan tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran, salah satunya media puzzel. Penggunaan media pembelajaran haruslah memenuhi kriteria kelayakan, oleh karena itu dalam pengembangan media pembelajaran membutuhkan validasi. Validasi meliputi tiga validator yaitu ahli praktisi, ahli materi, dan ahli media pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validasi pengembangan media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar. Validator penelitian ini meliputi dua dosen FKIP program studi pendidikan matematika, satu guru mata pelajaran matematika Analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa komentar dan saran yang dikemukakan oleh validator, yang digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan mengetahui kelayaan produk yang dikembangkan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan mencari rata-rata dari semua validator. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sesuai dan cocok dengan penggunaan media pelajaran puzzel aljabar yang dikembangkan dengan tingkat kevalidan 4.31. Sedangkan kualitas materi dalam media pembeljaran puzzle aljabar sesuai dengan materi operasi aljabar dengan tingkat kevalidan 4,23 dan kualitas media pembeljaran puzzle aljabar baik dan dapat digunakan untuk media pembelajaran pada materi operasi aljabar dengan tingkat kevalidan 4,42. Dengan demikian dapat disimpulankan bahwa media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar dapat digunakan dengan kriteria kevalidan sangat valid.

Item Type: Article
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Aan Nurfahrudianto
Date Deposited: 30 Dec 2021 16:16
Last Modified: 30 Dec 2021 16:16
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item