Rahayu, Sari Sakti Setyo and NURFAHRUDIANTO, AAN and SANTIA, IKA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2, 2. pp. 1081-1084. ISSN 2598-6139
Text (artikel)
84202_0724077901.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (peer review)
84202_0724077901_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (152kB) |
|
Text (similarity)
84202_0724077901_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (894kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan representasi matematis siswa SMA. Disamping Itu siswa masih kesulitan dalam memecahkan masalah matematis trigonometri. Analisis awal menyatakan siswa sering tidak akurat dalam mempresentasikan masalah soal pemecahan masalah trigonometri. Sehingga melalui pembelajaran pemecahan masalah siswa dilatih kemampuan representasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA sebelum melalui pemecahan masalah trigonometri, (2) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA sesudah melalui pemecahan masalah trigonometri, (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA melalui pemecahan masalah trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantltatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran problem solving, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan representasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X-3. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika One Sample T-Tes dan uji statistika Paired Sample T-Tes, dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan representasi matematis siswa SMA sebelum melalui pemecahan masalah trigonometri kurang dari 75 (KKM). (2) kemampuan representasi matematis siswa SMA sesudah melalui pemecahan masalah trigonometri paling sedikit 75 (KKM). (3) ada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA melalui pemecahan masalah trigonometri secara signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aan Nurfahrudianto |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 15:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 15:47 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4255 |
Actions (login required)
View Item |