MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Nikmah, Miftakhul and Santia, Ika and NURFAHRUDIANTO, AAN (2018) MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 2, 2. pp. 685-688. ISSN 2598-6139

[img] Text (Artikel)
84202_0724077901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (peer review)
84202_0724077901_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (similarity)
84202_0724077901_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (752kB)
Official URL: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdik...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman dan hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran mekanistik yaitu pembelajaran yang menekankan pada menghafal konsep dan prosedur matematika guna menyelesaikan soal, guru menerangkan konsep dan operasi matematika, memberi contoh, mengerjakan soal, serta meminta siswa untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan soal yang sudah diterangkan. Sehingga proses pemahaman konsep matematika hampir tidak ada, mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep siswa rendah. Permasalahan penelitian ini adalah " Adakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) pada materi bangun ruang sisi datar balok?" Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian one group pretest posttest design. Subyek pada penelitian ini adalah kelas VIII-A SMPN 3 Kota Kediri tahun ajaran 2017-2018. Data penelitian diambil melalui tes. Analisis data menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 45,83 dan posttest sebesar 83,61. Berdasarkan perhitungan paired sample t-test dengan bantuan SPSS dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh sig (2-tailed) < 5% yaitu 0,000 < 0,005. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berarti bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) pada materi bangun ruang sisi datar balok

Item Type: Article
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Aan Nurfahrudianto
Date Deposited: 30 Dec 2021 15:07
Last Modified: 30 Dec 2021 15:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item