STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA

NUR HIDAYAH, ANA and ISWANTININGTYAS, VENY and RIDWAN, RIDWAN (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86207_16.1.01.11.0003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_16.1.01.11.0003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Reference)
RAMA_86207_16.1.01.11.0003_0704118202_0725037101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun masih rendah, hal tersebut disebabkan oleh guru cenderung menggunakan strategi pembelajaran klasik ketika menggenalkan huruf atau kata. Untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun harus disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini yaitu belajar melalui bermain. Salah satu bentuk stimulasi permainan yang mampu mengembangkan kemampuan membaca anak adalah permainan ular tangga, dengan menggunakan permainan ular tangga dalam pembelajaran diharapkan kemampuan membaca anak 4-5 tahun akan berkembang optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan, adapun desain penelitian yang dipergunakan berbentuk siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggrat dengan langkah-langkahnya sebagai berikut : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap perencana yaitu membuat RRPM, RPPH dan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi oleh peneliti untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak usia 4-5 tahun, kemudian perangkat pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli dan dinyatakan memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita I Rowoharjo Nganjuk tahun ajaran 2019/2020, dengan mengambil sampel 18 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Anak usia 4-5 tahun, Permainan Ular Tangga. Membaca merupakan suatu kegiat
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
710 Education science > 801 Early childhood education programs
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Ana Nur Hidayah
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:21
Last Modified: 24 Aug 2020 08:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item