Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi

Fuadi, Ahmad Sahal and ANAS, M (2019) Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 3, 1 (1). pp. 316-324. ISSN 2598-6139

[img] Text
6. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif.pdf

Download (157kB)
Official URL: http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.ph...

Abstract

Kurikulum digunakan untuk persiapan pembelajaran dalam keseluruhan rangkaian pembelajaran, yang artinya kurikulum digunakan sebagai penentu proses dan hasil pendidikan. Hal itu dapat berarti bahwa kurikulum adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan dunia pendidikan. Demi mencapai kesuksesan tersebut, maka perubahan kurikulum ini harus ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Wujud tindak lanjut dari perubahan kurikulum yang terjadi ialah evaluasi. Proses penyediaan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan merupakan pengertian dari evaluasi. Evaluasi dalam dunia pendidikan berfungsi sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian suatu program dalam pelaksanaannya. Terdapat berbagai model yang digunakan dalam evaluasi, salah satunya ialah model CIPP. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan selama ini menunjukkan bahwa komponen yang digunakan sebagai dasar penilaian evaluasi CIPP tidaklah selalu sama. Dengan kata lain, meskipun program yang dievaluasi sejenis yaitu sama-sama mngevaluasi kurikulum tetapi komponen yang digunakan tidak sama secara menyeluruh di tiap aspeknya

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 562 Accounting
710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 726 Accounting education
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dr. M. Anas
Date Deposited: 02 Oct 2021 01:31
Last Modified: 02 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item