Faizah, Hajar Yaumil and NUGROHO, ISFAUZI HADI and DWIYANTI, LINDA (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUKUR SEDERHANA MELALUI MEDIA KOREK API PADA ANAK KELOMPOK B TK AR RAHMAN KERTOSONO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86207_17101110013.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_17101110013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (986kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_17101110013_0701038303_0707079101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti pada anak kelompok B di TK Ar Rahman Kertosono, yakni pada pembelajaran pengukuran masih diperlukan perhatian lebih. Selama ini anak memperoleh pembelajaran pengukuran hanya melalui Lembar Kerja Siswa (LKA). Sehingga anak kurang termotivasi untuk bereksplorasi terhadap proses pengukuran. Tercatat 10 dari 16 anak belum tuntas dalam pembelajaran pengukuran, terutama pada proses penggunaan alat ukur tidak baku. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran menggunakan media korek api untuk meningkatkan kemampuan konsep pengukuran anak? (2) Apakah penerapan pembelajaran menggunakan media korek api dapat meningkatkan kemampuan konsep pengukuran anak?. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok B di TK Ar Rahman Kertosono. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas anak, dan lembar penilaian cheklis anak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Pada tindakan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan prosentase 50% (2) Pada tindakan siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 93,75%. Sehingga kegiatan pembelajaran menggunakan media korek api dapat meningkatkan kemampuan mengukur sederhana pada anak kelompok B TK Ar Rahman Kertosono. Kata kunci : pengukuran, korek api, anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengukuran, korek api, anak usia dini |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 794 PGTK and PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Hajar Yaumil Faizah |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 06:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:23 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4049 |
Actions (login required)
View Item |