PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI KAHOOT UNTUK SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dianawati, Dianawati and DARSONO, DARSONO and HANDAYANI, APRILIA DWI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI KAHOOT UNTUK SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_17101050030.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_17101050030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refrences)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (169kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_17101050030_0710016401_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang dilakukan peneliti, bahwa siswa merasa sangat bosan dalam pembelajaran matematika. Dikarenakan mereka merasa kesulitan saat menerima materi yang disampaikan oleh guru dengan metode konvensional. Maka dari itu siswa membutuhkan suatu media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang pendidikan peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran untuk menarik respon siswa pada pembelajaran matematika. Media pembelajaran interaktif tersebut aplikasi Kahoot, dimana dalam aplikasi Kahoot berupa kuis yang dilengkapi dengan gambar yang menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Kahoot. (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Kahoot. (3) Untuk mengetahui respon siswa pada materi Fungsi menggunakan media pembelajaran interaktif aplikasi Kahoot. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) untuk menghasilkan suatu produk sehingga layak digunakan. Dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 3 Kediri pada materi Fungsi. Pengumpulan data dilakukan penyebaran angket respon siswa uji terbatas dan uji perluasan setelah proses pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa (1) Hasil validasi ahli soal dan praktisi mendapat skor 94% kategori sangat layak. Ahli media dan praktisi mendapat skor 87,2% kategori sangat layak. Ahli bahasa dan praktisi mendapat skor 91,25% kategori sangat layak. Ahli RPP dan praktisi mendapat skor 87,3% kategori sangat layak.Ahli respon siswa mendapat skor 80% kategori sangat layak. Sehingga pengembangan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran matematika sangat layak digunakan. (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kahoot pada akhir pembelajaran dilakukan uji terbatas 6 siswa kelas X MIPA 2 dan uji perluasan 15 siswa kelas X MIPA 1.(3) Angket respon siswa diberikan setelah pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot. Diperoleh data respon siswa uji terbatas siswa kelas X MIPA 2 sejumlah 6 siswa 80,5% kategori baik dan uji perluasan siswa kelas X MIPA 1 sejumlah 15 siswa SMA Negeri 3 Kediri 81,1% kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini, bahwa media aplikasi Kahoot dapat meningkatkan respon siswa saat proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif,Aplikasi Kahoot, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Dianawati Dianawati
Date Deposited: 16 Aug 2021 08:19
Last Modified: 16 Aug 2021 08:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item