Asmarani, Novika Dyah Ayu Dzalikha and YOHANIE, DIAN DEVITA and HANDAYANI, APRILIA DWI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 MAN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_84202_17101050005.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Similaritty)
RAMA_84202_17101050005_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (540kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (303kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_17101050005_0717127601_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di MAN 1 Kota Kediri didapatkan bahwa terdapat siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika erat kaitannya dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir kritis siswa perlu dilakukan agar dapat dilakukan upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis juga dipengaruhi oleh faktor afektif salah satunya adalah kemandirian belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dalam pemecahan masalah matematika? (2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang dalam pemecahan masalah matematika? (3) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah dalam pemecahan masalah matematika?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas XI MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar untuk mengelompokan subjek menjadi kelompok kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dari masing-masing kelompok dipilih 1 subjek dengan nilai angket tertinggi pada setiap kelompok. Selanjutnya 3 subjek terpilih diberikan tes kemampuan berpikir kritis dan diwawancarai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa kemandirian belajar tinggi memenuhi aspek interpretasi, analisis, evaluasi, dan regulasi diri dengan baik. Siswa kemandirian belajar tinggi kurang baik pada aspek inferensi dan penjelasan. (2) Siswa kemandirian belajar sedang memenuhi indikator interpretasi dengan baik. Sedangkan pada indikator analisis, evaluasi, inferensi dan penjelasan siswa kemandirian belajar sedang kurang baik. Pada aspek regulasi diri siswa kemandirian belajar sedang tidak baik. (3) Siswa dengan kemandirian belajar rendah memiliki aspek interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan yang kurang. Sedangkan pada aspek regulasi diri siswa kemandirian belajar rendah tidak baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran dan memperbaiki aspek kemampuan berpikir kritis yang belum tercapai dengan baik. (2) Pendampingan dan dukungan lebih kepada siswa yang memiliki kemandirian rendah karena cenderung kesulitan dalam menyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Novika Dyah Ayu Dzalikha Asmarani |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 08:15 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 08:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3812 |
Actions (login required)
View Item |