Dimensi Kepemimpinan Dalam Kegiatan BelajarPembelajaran

SANCAYA, SETYA ADI and DHIAN P., IKKE YULIANI (2019) Dimensi Kepemimpinan Dalam Kegiatan BelajarPembelajaran. In: SEMDIKJAR 3 “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0”, 5 Oktober 2019, UNP KEDIRI.

[img] Text
C.2.a.4.3. 2019_Artikel Prosiding SEMDIKJAR_Dimensi Kepemimpinan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.2.a.4.3. 2019_Peer review Prosiding SEMDIKJAR_Dimensi Kepemimpinan.pdf

Download (535kB)
[img] Text
C.2.a.4.3. 2019_Similarity Prosiding SEMDIKJAR_Dimensi Kepemimpinan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.ph...

Abstract

Secara sistemik faktor guru (filosofi, kompetensi, motivasi, kepemimpinan) merupakan komponen dari kegiatan belajar pembelajaran. Pemahaman guru terhadap hakekat siswa sebagai subyek (bukan obyek) menjadi sangat penting karena akan berdampak pada sikap dan tindakan guru dalam melaksanakan aktifitas pembelajarannya. Asas pendidikan tut wuri handayani sudah semestinya dipahami, dihayati, dan dilaksanakan oleh setiap guru dalam aktifitas pembelajaran. Namun demikian guru dengan tipe kepemimpinan otoriter, dan laissez faire akan mengalami kesulitan jika harus bersikap dan bertindak sebagaimana yang terkandung dalam azas tut wuri handayani. Asas tut wuri handayani sangat memungkinkan dilaksanakan oleh guru dengan kepemimpinan yang demokratis. Dalam berbagai literatur dan perundangan tidak secara eksplisit dinyatakan bahwa kepemimpinan merupakan kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru, tetapi secara faktual unsur kepemimpinan guru turut serta menentukan bagaimana peristiwa proses belajar-pembelajaran itu belangsung, oleh karena itu kompetensi kepemimpinan menjadi salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru. Model kepemimpinan dalam kegiatan belajar-pembelajaran seyogyanya disesuaikan tingkat kematangan siswa, serta dikombinasikan dengan sifat tugas dan hubungan kemanusiaan. Komponen siswa dipandang sebagai subyek dalam peristiwa belajar-pembelajaran yang mengharuskan guru untuk menjadikannya sebagai dasar dalam merancang, melakukan, dan mengevaluasi. Dengan demikian guru akan dapat menjalankan kepemimpinan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, guru, belajar-pembelajaran
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ikke Yuliani Dhian Puspitarini
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:30
Last Modified: 14 Jul 2021 15:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item