PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DENGAN PROSES GROUND, UNDERSTAND, REVISE, AND USE (GURU) TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA S1 BIMBINGAN DAN KONSELING

KRISPHIANTI, YUANITA DWI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian (2019) PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DENGAN PROSES GROUND, UNDERSTAND, REVISE, AND USE (GURU) TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA S1 BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Nusantara of Research BK UNP Kediri, 6 (1). pp. 33-40. ISSN P - ISSN: 2579 - 3063/ E - ISSN: 2355 - 7249

[img] Text
Peer Review_ Perbedaan antara penggunan FGD dengan proses GURU terhadap efikasi diri mahasiswa S1 BK209.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.1.c.5.b ARTIKEL_ Perbedaan Antara Penggunaan FGD dengan GURU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
C.1.c.5.b Turnitin_ Perbedaan FGD dengan Proses GURU.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/arti...

Abstract

Efikasi diri karier merupakan keyakinan akan kemampuan dalam melakukan suatu usaha untuk mendapatkan keinginan dan menjadi berhasil di masa yang akan datang. Efikasi diri karier sudah semestinya dimiliki oleh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI (BK UNP) Kediri. Akan tetapi, fakta di lapangan ternyata hal ini menjadi problematik. Alternatif untuk meningkatkan efikasi diri karier mereka digunakan dua teknik yakni FGD dan Proses GURU. Tujuan dari penelitian ini adalah un tuk mendapatkan data tentang perbedaan penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre - posttest two treatment design . Populasi yang digunakan ad alah mahasiswa tingkat 4 angkatan 2016/2017 sedangkan sampel yang digunakan 12 mahasiswa tingkat 4 angkatan 2016/2017. Pengumpula data dalam penelitian menggunaka skala efikasi diri karier. Analisa data menggunakan uji Man - Whitney dengan hasil sig 0,687 ≥ 0,05, yang berarti Ho diterima. Berdasarkan hasil analisa data maka kesimpulan yang bisa diambil adalah tidak ada perbedaan antara penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri. Saran yang bisa diberikan, (1) dua teknik ini bisa menjadi alternatif bagi dosen BK untuk meningkatkan efikasi diri karier mahasiswa, (2) peneliti selanjutnya bisa menggunakan dua teknik ini dalam meningkatkan variabel penelitian yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efikasi diri karier, FGD, proses GURU
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuanita Dwi Krisphianti
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:15
Last Modified: 22 Jul 2021 08:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item