KEBERTERIMAAN INSTRUMEN PENILAI K OMPETENSI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI POSITIF KONSELOR TERHADAP MASYARAKAT SEKOLAH

SANCAYA, SETYA ADI and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and HANGGARA, GURUH SUKMA and MUZAKI, M. FAUZAN (2019) KEBERTERIMAAN INSTRUMEN PENILAI K OMPETENSI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI POSITIF KONSELOR TERHADAP MASYARAKAT SEKOLAH. Jurnal Nusantara of Research BK UNP Kediri, 6 (1). pp. 33-40. ISSN P - ISSN: 2579 - 3063/ E - ISSN: 2355 - 7249

[img] Text
Peer Review_ Keberterimaan Instrumen Penilai kompetensi komunikasi dan interaksi positif konselor terhadap masyarakat sekolah211.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.1.c.5.b Artikel Keberterimaan Penilai Kompetensi Konselor....pdf

Download (945kB)
[img] Text
C.1.c.5.b Turnitin_Keberterimaan Penilai Kompetensi Komunikasi....pdf

Download (4MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/arti...

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki oleh konselor adalah terampil dalam kom unikasi dan interaksi p ositif dengan komunitas sekolah . Keterampilan ini mencakup tiga hal, yakni dengan staf pendidik, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Dari penelisuran belum ditemukan instrumen yang layak untuk menilai ketiga hal tersebut. Tujuan penelitian adalah menghasilkan instrumen penilai k ompetensi komunikasi dan interaksi positif konselor terhadap masyarakat sekolah yang memiliki keberterimaan oleh ahli dan praktisi . Metode penelitian ini adalah developmental research . Subj ek penelitian adalah dua ahli dari akademisi dan dua ahli dari praktisi bimbingan dan konseling. Hasil dari penelitian dengan subjek dua ahli akademisi adalah 0.34 dengan kriteria cukup baik/ cukup layak. Hasil dari penelitian dengan subjek dua ahli prakti si adalah 0.36 dengan kriteria cukup baik/ cukup layak. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilai kompetensi berkomunikasi dan interaksi pos itif konselor terhadap masyarakat sekolah telah memiliki keberterimaan baik dari ahli dan praktisi . Dari temuan, peneliti memberikan saran: 1) sebelum menerapkan instrumen, peneliti perlu memberikan pemahaman berupa penjelasan langsung terhadap guru BK akan fungsi dari instrumen evaluasi kinerja BK; 2) peneliti hendaknya dalam pengembangan instrumen menggunakan bahasa yang mudah dipahami, kalimat yang lugas dan sederhana, dan kalimat tidak terlalu panjang ; 3) dalam penelitian selanjutnya perlu mengebangkan lebih lanjut hasil pengembangan dari penelitian ini dalam bentuk teknologi yang aplika tif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrumen penilai , kompetensi konselor, komunikasi, interaksi positif, masyarakat sekolah
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuanita Dwi Krisphianti
Date Deposited: 23 Jun 2021 09:26
Last Modified: 22 Jul 2021 08:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item