NSTRUMEN EVALUASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI POSITIF KONSELOR DENGAN MASYARAKAT SEKOLAH

SANCAYA, SETYA ADI and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and HANGGARA, GURUH SUKMA (2019) NSTRUMEN EVALUASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI POSITIF KONSELOR DENGAN MASYARAKAT SEKOLAH. SEMINAR NASIONAL & CALL PAPER PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2019 MENJADI SISWA YANG EFEKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. pp. 217-222. ISSN 978-623-90767-0-2

[img] Text
Peer Review_Instrumen Evaluasi Kemampuan Komunikasi dan interaksi positif konselor dengan masayarakat sekolah203.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL_INSTRUMEN EVALUASI FPP UM 2019.pdf

Download (752kB)
[img] Text
C.2.a.4.2019. Turnitin_Prosiding UM_2.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/3...

Abstract

Bimbingan dan konseling sebagai salah satu bagian integral dari sistem pendidikan yang ada di sekolah. Memberikan layanan secara optimal kepada peserta didik merupakan salah satu tugas dari guru bimbingan dan konseling sekolah (konselor sekolah). Beberapa masalah yang ditemukan di lapangan tentang pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling sekolah adala h, konselor sekolah tidak bisa menjalin hubungan baik dengan stake holder sekolah, stake holder sekolah masih banyak yang salah pemahaman tentang tugas dari konselor sekolah, konselor sekolah tidak bisa mengkomunikasikan program layanan BK yang ada di seko lah kepada stake holder sekolah maupun di masyarakat luas. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dalam pelaksanaan BK komprehensif di sekolah. Evaluasi penting dilakukan karena merupakan salah satu bentuk dari akuntabilitas profesional, yang terdiri dari me ngukur keprofesionalan konselor sekolah, bahan perbaikan layanan BK, meningkatkan, memperbaiki, mengembangkan, menyempurnakan, dan memperbaharui performa konselor sekolah. Adapun bentuk dari evaluasi yang dimaksud dalam penelitian adalah evaluasi personil. Terdapat enam standar dan kriteria evaluasi konselor profesional yang bisa dilakukan. Salah satu standar yang sesuai dengan permasalahan adalah standar lima, yakni konselor sekolah profesional menggunakan kemampuan komunikasi dan interaksi profesional de ngan masyarakat sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah dihasilkannya instrumen evaluasi kinerja konselor sekolah dalam berkomunikasi dan interaksi positif dengan masyarakat sekolah yang memenuhi akseptabilitas ahli dan pengguna. Metode penelitian mengg unakan developmental research . Hasil penelitian yang diharapkan adalah didapatkannya instrumen valid terkait dengan kinerja konselor sekolah dalam berkomunikasi dan interaksi positif dengan masyarakat sekolah. Kata Kunci : instrumen evaluasi, kinerja kons elor sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrumen evaluasi, kinerja konselor sekolah
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yuanita Dwi Krisphianti
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:00
Last Modified: 22 Jul 2021 08:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item