KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Wiratama, Nara Setya (2021) KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. JURNAL ISTORIA, 17 (1). pp. 1-14. ISSN 1858-2621

[img] Text
ISTORIA VOL 17 NO 1 MARET 2021 ( NARA SETYA WIRATAMA).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (559kB)
[img] Text
PLAGIARISM CHECKING JURNAL - KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/issue/...

Abstract

Mata Pelajaran Sejarah merupakan salahsatu pelajaran yang menyenangkan. Peserta didik di bawa ke sebuah peristiwa masa lalu, melewati antar dimensi dan merasakan kembali peristiwa tersebut. Sungguh menarik peristiwa ini saat dijelaskan dengan menyenangkan oleh guru sejarah. Inilah kemampuan public speaking. Kemampuan yang harus dikuasai guru sejarah di revolusi industry 4.0 dalam mengemas pembelajaran agar diminati dan disukai peserta didik. Tujuan artkel ini, guru memahami berbagai teknik public speaking dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dimulai dari tahapan mendeskripsikan, menganalisis, dan membandingkan. Pengumpulan data melalui content analysis, in-depth interviewing, dan observation. Untuk menghasilkan kemampuan public speaking yang baik, guru harus menemukan strong why dalam dirinya, melakukan komunikasi dalam pembelajaran dengan tahap sebagai berikut: (1) amazing opening; (2) content; dan; (3) powerful closing. Guru harus menjadi fasilitator kepada peserta didik dengan menggunakan komukikasi dua arah dan bersifat tidak menggurui; guru dan peserta didik bersama dalam memahami serta mencari makna di sebuah persoalan; guru bukan orang asing bagi peserta didik, namun seorang sahabat yang senantiasa menguatkan dan memotivasi. Kata Kunci: public speaking, pembelajaran, sejarah, pembelajaran sejarah

Item Type: Article
Subjects: 580 Humaniora social science > 618 History (history)
580 Humaniora social science > 619 Cultural studies
710 Education science > 722 Historical education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nara Setya Wiratama
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:05
Last Modified: 22 Jun 2021 06:05
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item