Peran Dongeng untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini

KHAN, ROSA IMANI (2020) Peran Dongeng untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. In: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan SNITT 2020. Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Balikpapan, pp. 307-315. ISBN 9786025145025

[img] Text
Peran Dongeng untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Uji Plagiasi Peran Dongeng untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review Peran Dongeng_011.pdf

Download (671kB)
Official URL: https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/...

Abstract

Digitalisasi di berbagai sektor kehidupan merupakan ciri dari Era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Kian hari masyarakat kian menyukai kepraktisan yang disuguhkan oleh alat modern nan canggih bernama gadget. Tingginya tingkat penggunaan gadget tidak hanya muncul pada orang dewasa, tapi juga pada anak-anak. Banyaknya orangtua yang mengizinkan anak untuk berlama-lama bermain gadget agar anak menjadi tenang dan tidak rewel, membuat anak semakin asyik dengan gadget dan acuh terhadap lingkungan di sekitarnya.Jika kondisi ini dibiarkan terjadi terus-menerus, maka lama-kelamaan anak akan menjadi ketergantungan dengan gadget. Waktu yang dimiliki oleh anak dapat menjadi terbuang begitu saja karena saat anak memainkannya, tidak jarang jadi lupa waktu. Padahal penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak negatif bagi tumbuh-kembang anak. Masa usia dini adalah masa awal yang paling penting dan mendasar sepanjang rentang hidup manusia. Setiap anak mempunyai potensi untuk menjadi lebih baik di masa mendatang apabila diberi rangsangan, bimbingan, bantuan dan perlakuan yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya, salah satunya adalah dengan mendongeng kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dongeng dan manfaatnya bagi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data-data yang diperlukan dikumpulkan melalui studi pustaka kemudian dilakukan interpretasi untuk mendeskripsikan tentang dongeng dan mengungkap manfaat dongeng bagi perkembangan anak usia dini. Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang menceritakan kejadian luar biasa yang penuh khayalan dan tidak betul-betul terjadi. Mendongeng dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), sosial, dan aspek konatif (penghayatan) dalam diri anak. Isi cerita dari dongeng dapat membekali anak dengan sesuatu yang bermanfaat bagi hidupnya karena menyajikan “imitation of life” (konsepsi mimesis yang dapat membuat anak lebih paham akan kehidupan dan permasalahannya) dan dapat membuka cakrawala pemikiran anak sehingga mendapatkan nilai-nilai yang berharga dan bermanfaat, termasuk dapat membentuk karakter yang positif dalam diri anak.

Item Type: Book Section
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rosa Imani Khan
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:03
Last Modified: 05 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item