Makna Menciptakan Impulse Buying bagi Ritel Kecil/ UMKM

HAKIMAH, EMA NURZAINUL and ALIAMI, SRI (2017) Makna Menciptakan Impulse Buying bagi Ritel Kecil/ UMKM. In: Penguatan Daya Saing Melalui Inovasi, Manajemen Pengetahuan, dan Jejaring, 8 Nopember 2017, Semarang.

[img] Text
61201_0727127801_Artikel_Prosiding Nasional_FMI 9_Makna Menciptakan.pdf

Download (444kB)
[img] Text
61201_0727127801_Lembar Peer Review_Artikel_Prosiding Nasional_FMI 9_Makna Menciptakan.pdf

Download (956kB)
[img] Text
61201_0727127801_Similarity_Artikel_Prosiding Nasional_FMI 9_Makna Menciptakan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1KVF_Tt3aJlP1BfCke...

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kesadaran peritel kecil/ UMKM akan pentingnya menciptakan impulse buying pada usaha ritelnya yang dalam masa persaingan ketat dengan ritel besar. Penelitian merupakan studi kasus dalam upaya menunjukkan bagaimana sebenarnya dampak positif dari dijaganya faktor-faktor yang dapat menimbulkan impulse buying pada konsumen ritel kecil/ UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnometodologi. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan langsung dan wawancara mendalam pada pelaku ritel kecil/UMKM yang ada di daerah Ngronggo Kota Kediri. Informan dipilih dengan kriteria 5 R. Pengamatan sendiri dilakukan di beberapa ritel yang tergolong kecil/ UMKM, aplikasi dari memanfaatkan faktor-faktor yang dapat menstimulus terjadinya impulse bying yang selanjutnya dilakukan wawancara terbuka untuk mengungkapkan dampak pengelolaan faktor-faktor yang dapat meciptakan impulse buying. Hasil dari pengamatan dan wawancara mendalam pada penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pengelolaan dari faktor-faktor yang dapat menimbulkan impulse buying, masih terkendala oleh pemahaman yang sangat minim tentang pemasaran ritel, khususnya tentang suasana toko, kerangaman produk dan harga. Kondisi pengetahuan tentang pemasaran ritel yang sangat minim membuat mereka mengalami kesulitan ketika harus bersaing dengan ritel yang lebih besar. Kata kunci: impulse buying, suasana toko, keragaman produk, harga, dan ritel kecil/UMKM

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Ema Nurzainul Hakimah
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:13
Last Modified: 07 Jun 2021 02:13
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item