IMPLEMENTASI INOVASI PRODUK INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA TENUN IKAT BANDOEL DI KELURAHAN BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI)

Prahesty, Roro and SUBAGYO, SUBAGYO and SARDANTO, RINO IMPLEMENTASI INOVASI PRODUK INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA TENUN IKAT BANDOEL DI KELURAHAN BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI). IMPLEMENTASI INOVASI PRODUK INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA TENUN IKAT BANDOEL DI KELURAHAN BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI). (Unpublished)

[img] Text (artikel)
RAMA_61201_18102020234_0710766601_0730127403_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di Indonesia industri kreatif memiliki potensi besar untuk menompang ekonomi nasional. Dapat diketahui bahwa di Kota Kediri banyak sekali perusahaan baru yang tumbuh dan bersaing ketat dengan perusahaan yang sudah lama berdiri. Salah satunya yaitu Tenun Ikat Bandoel. Tenun Ikat Bandoel merupakan salah satu usaha yang diwariskan secara turun-menurun. BMC berfungsi sebagai alat untuk membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui implementasi inovasi produk industri kreatif dalam meningkatkan competitive advantage dan untuk mengetahui inovasi atau perubahan yang lebih baik untuk meningkatkan competitive advantage melalui pendekatan BMC. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada sembilan blok model bisnis dari Tenun Ikat Bandoel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dilakukan dengan pengamatan langsung dan wawancara mendalam kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tenun Ikat Bandoel sudah menerapkan implementasi produk industri kreatif untuk meningkatkan competitive advantage namun belum memiliki pendekatan model bisnis. Selain itu terdapat inovasi dan perubahan yang lebih baik untuk meningkatkan competitive advantage melalui pendekatan BMC. Inovasi dan perubahan tersebut berada pada blok customer segment, customer relationship,key partner, dan channel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inovasi produk, industri kreatif, business model canvas (bmc)
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Roro Prahesty
Date Deposited: 08 Apr 2021 22:44
Last Modified: 08 Apr 2021 22:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item