Implementasi Kolaborasi Guru Dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19

LESTARININGRUM, ANIK and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI and ISWANTININGTYAS, VENY and Lailiyah, Nur (2020) Implementasi Kolaborasi Guru Dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. In: Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) Pendidikan "Kebijakan Pendidikan Nasional: Pendidikan Non-Formal dan Pendidikan Anak Usia Dini". Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)-Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Malang, pp. 177-184. ISBN 978-602-5445-10-1

[img] Text
Artikel Prosiding Implementasi Kolaborasi.pdf

Download (815kB)
[img] Text
Cek Plagiasi Implementasi Kolaborasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review Implementasi Kolaborasi_003.pdf

Download (516kB)
Official URL: http://fip.um.ac.id/prosiding/

Abstract

Tanggungjawab pendidikan pada seorang anak adalah bentuk kolaborasi antara keluarga, sekolah dan masyarakat dimana ketiga komponen ini harus saling berkaitan supaya dapat menciptakan pembelajaran secara optimal untuk mencapai pengembangan kompetensi anak terutama kecakapan hidup (life skill) dan penanaman nilai-nilai karakter. Kesiapan orang tua dan masyarakat dalam proses pembelajaran menjadi sebuah kendala selama masa pandemik covid-19 karena anak akhirnya harus berada di rumah tidak di sekolah bersama gurunya. Permasalahan yang muncul disini adalah ketidaksiapan orang tua berkolaborasi dengan guru di sekolah dalam pembelajaran anak selama di rumah apalagi pada anak usia dini yang memiliki karakteristik keunikan anak secara individual. Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran anak usia dini selama di rumah sebagai upaya kolaborasi orang tua sebagai pendidik akan di deskripsikan dalam tulisan ini. Kajian secara konseptual menganalisis secara deskriptif kualitatif didukung dengan dokumen pendukung aktivitas baru orang tua di rumah dalam pembelajaran anak usia dini diharapkan dapat memberikan gambaran supaya anak tetap mendapatkan haknya belajar meskipun dari rumahnya masing-masing dan guru tetap mengoptimalkan beragam metode bermain di rumah bersama kolaborasi terstruktur dengan orang tua. Diharapkan tulisan ini sebagai penambah wawasan secara keilmuan anak usia dini secara tepat bentuk pembelajaran yang dilakukan di rumah berkolaborasi dengan orang tuanya.

Item Type: Book Section
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Anik Lestariningrum
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:02
Last Modified: 29 Mar 2021 08:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item