Pengembangan Bahan Ajara Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V Sekolah Dasar Berorientasi Teknik Klarifikasi Nilai

Aka, Kukuh Andri and SAHARI, SUTRISNO Pengembangan Bahan Ajara Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V Sekolah Dasar Berorientasi Teknik Klarifikasi Nilai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3 (1). pp. 70-96. ISSN 2579-6461

[img] Text (Pengembangan Bahan Ajara Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V Sekolah Dasar Berorientasi Teknik Klarifikasi Nilai)
'086206._0713037304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (339kB)
[img] Text (Similarity)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SEKOLAH DASAR BERORIENTASI TEKNIK KLARIFIKASI NILAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi teknik klarifikasi nilai yang valid, praktis, efektif, dan menarik untuk siswa. Multimedia interaktif dipilih untuk memaksimalkan fasilitas teknologi yang sudah tersedia, menginovasikan pembelajaran dan meningkatkan daya kemenarikan pembelajaran. Teknik klarifikasi nilai digunakan untuk menginovasikan rangkaian langkah-langkah pembelajaran pada multimedia interaktif dan dapat digunakan untuk melatih siswa menemukan, memilih, menganalisis, memutuskan, mengambil sikap sendiri nilai-nilai hidup yang ingin diperjuangkannya. Materi pada multimedia ini tentang peraturan perundangundangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah modifikasi model Borg & Gall (1987) dan Lee & Owen (2004). Melalui validasi ahli dan uji coba produk, multimedia interaktif ini termasuk dalam kriteria valid (4,60), praktis (4,53), menarik (4,31), dan efektif (85,2). Untuk pengembangan produk lebih lanjut, sebaiknya diinovasikan dengan strategi atau model pembelajaran lainnya serta materi yang berbeda.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sutrisno Sahari
Date Deposited: 14 Feb 2021 01:45
Last Modified: 14 Feb 2021 01:45
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item